Output Device

Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.

Dari penjelasan di atas dan dari posting sebelumnya tentang input device [Baca: Mengenal input device pada komputer] dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer diawali dengan memasukkan data dari perangkat input lalu data tersebut diolah dan kemudian data itu disimpan melalui memory komputer/disk. Data yang sudah disimpan dapat kita lihat melalui alat keluaran / output device.

Contoh-contoh output device adalah:

1. Monitor

Dapat disebut juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Saat ini layar monitor diproduksi dalam dua bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti TFT LCD. Tapi dari kabar yang saya dengar, saat ini monitor CRT sudah tidak diproduksi lagi dan digantikan dengan TFT LCD.

Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang.

Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis, tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan tempat. Karen kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.

a.Ukuran Monitor

Ukuran monitor sama seperti ukuran pesawat televisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat.Untuk komputer desktop yang saat ini umum digunakan ialah ukuran 14”, 15”, 17”, 19”, 21”. Sedangkan untuk notebook yang sering digunakan ialah 9”, 10”, 12,1”, 13,3”, dan 14,1”

 
b.Resolusi Monitor
Ukuran resolusi ditentukan oleh jumlah pixel (berasal dari picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan di layar. Sebagai contoh resolusi 1024 x 768 berarti bahwa monitor mengandung 1024 baris pixel dan 768 kolom pixel. Dengan kata lain, jumlah pixel yang menyusun monitor adalah sebesar 1024 x 768 buah. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus kualitas tampilan monitor.
 
c.Dot Pitch (dp)
Dot pitch menunjukkan jarak antara dua pixel. Semakin dekat jaraknya, maka gambar pada monitor akan semakin halus. Sebagai contoh, 28dp berarti jarak antara dua pixel adalah 28/100 mm.
 
d.Kecepatan Refresh
Kecepatan refresh menunjukkan jumlah pemayaran ulang pixel per detik, sehingga tampilan pixel tetap jelas. Semakin tinggi kecepatan refresh, maka tampilan dilayar akan terlihat lebih nyata. Kecepatan refresh dinyatakan dalam besaran hertz. Monitor dengan kualitas bagus akan memiliki kecepatan refresh 75 Hz, yang berarti dalam satu detik citra pada monitor akan ditampilkan sebanyak 75 kali.
 
e.Interlaced dan non Interlaced
Teknologi monitor juga memunculkan dua istilah: interlaced monitor dan non interlaced monitor. Interlaced monitor adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahap, sedangkan non interlaced monitor hanya menggunakan satu tahapan. Sebagai contoh televisi biasanya memiliki kecepatan refresh lebih rendah dibanding monitor komputer pada umumnya, memerlukan interlaced agar gambar dapat terlihat jelas. Pelepas elektron pada tabung televisi akan menampilkan seluruh gambar pada baris ganjil dari bagian atas layar sampai ke bawah, kemudian pelepas elektron akan menampilkan gambar baris genap sesudahnya. Karena fosfor yang terletak pada layar dapat menyiman cahaya, maka mata kita melihat seolah-olah gambar tersebut ditayangkan sekaligus pada saat yang bersamaan. Efek dari interaced monitor adalah kerdip, yang dapat melelahkan mata dan tentu saja memengaruhi kualitas penyajian informasi.
 
f.Kedalaman Warna (Color Depth)
Jumlah bit yang dipergunakan untuk menyimpan ketentuan tentang sebuah pixel, menentukan banyaknya variasi warna yang dihasilkan oleh monitor.
Kedalaman warna 32 merupakan mode grafis khusus yang sering dipergunakan pada video digital, animasi, dan video game untuk memberika efek efek tertentu. Mode ini menggunakan 24 bit untuk warna pixel, dan 8 bit lainnya untuk efek gradasi pada gambar maupun objek.

2. Printer

Adalah merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar darikomputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Printer menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialah perbedaan sistem; tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau sembur tinta tak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut.mencetak di atas kertas, kain, kaca, film putih, ebonit, dll. Ada pula kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis dan lentur, namun kuat.Pada bagian belakang pencetak biasanya ada port USB sebagai penghubung ke komputer.

“ARTI PRINTER LEBIH SPESIFIK MENURUT ILMU KOMPUTER BERARTI ALAT UNTUK MENCETAK  HASIL KERJA DIGITAL BERUPA FILE GAMBAR DAN  TULISAN. PRINTER PADA UMUMNYA TERHUBUNG DENGAN KOMPUTER MAUPUN LAPTOP UNTUK DAPAT BISA MENGHASILKAN SUATU PEKERJAAN CETAK. PRINTER BEKERJA MELALUI PERINTAH YANG TERPROGRAM PADA KOMPUTER ATAU LAPTOP MELALUI PERINTAH MANUSIA SEBAGAI YANG MENJALANKAN PROGRAM.”

Printer bisa menghasilkan pekerjaan dengan cara Automatic Program dan manual Program. Contoh Automatic Program bisa dilihat pada mesin cetak Foto Copy yang telah ditanamkan Chip otomatis. manusia hanya menjalankan perintah melalui tombol yang telah terpasang dan terprogram. Contoh Manual Program, Saat kita menjalankan perintah prin dengan menggunakan perangkat lain seperti laptop. Printer hanya bisa bekerja ketika kita menjalankan perintah menggunakan perangkat lain.

Pada umumnya cara kerja printer sangat sederhana, dan itu cukup mudah dilakukan meskipun seorang pemula.  Printer memiliki bagian-bagian penting di antaranya

1. Motherboard/ Board

Motherboard/Board Printer pada umumnya
Motherboard pada printer


Board Printer tidak sama dengan Motherboard komputer dan motherboard laptop. baik dari segi ukuran maupun fungsi memikiki perbedaan. Board printer tertanam berbagai chip-chip pemrograman yang telah diset otomatis menggunakan software khusus. [Dalam Motherboard komputer disebut Bios].
Chip yang menempel pada board yang telah di set berfungsi menjalankan perintah manual yang terhubung melalui perangkat komputer maupun laptop yang telah terinstal oleh software.
2. Cartridge

cartridge Printer
Cartridge printer

Cartridge kalau ibarat manusia sebagai otaknya. Jika Otak nya tumpul juga menghasilkan kurang bagus, jika otaknya encer mengerjakan soal ujian hasilnya pun bagus. Begitu juga dengan Cartridge, Jika Cartridge  yang di pake untuk print sudah aus, maka hasil yang didapatkan dari printer tersebut juga tidak sempurna. 
Untuk menghasilkan Kualitas Print yang bagus juga dibutuhkan tinta yang berkualitas, dalam hal ini telah memenuhi standar kualitas cetak. banyak Jenis printer yang memiliki kualitas cetak yang bagus seperti Jetprint, BluePrint, DataPrint, Super Ink, dan tentu masih banyak lagi.

3. Rumah Catridge

rumah cartridge
rumah cartride pada canon ip 2770

Seperti halnya Processor yang terpasang pada socetnya, Cartridge juga demikian. Cartridge terpasang pada rumah cartridge didalam printer case. Cara instalasi cartridge pada rumah printer sangat mudah sekali.

4. Head Print

head cartridge
Head Print/ lokasi keluarnya tinta

Head Print merupakas bagian penting dalam cartride yang fungsinya sebagai tempat keluarnya tinta, baik tinta hitam maupun warna.  
5. Chip Board
Chip ini berfungsi menghubungkan antara cartridge dengan Board/Motherboard. Umumnya penghubung pada printer menggunakan kabel flexible dan tidak mudah patah oleh pergeseran Pada Cartridge.

6. Roll Pint
Rol tersusun secara mekanik yang berisi gear/gir sebagai pemutar yang mengeluarkan hasil print/ kertas. Pada printer standard roll tersusun dari satu buah gulungan karet besar yang berfungsi mengeluarkan kertas.

7. Adaptor
Sama halnya dengan perangkat laptop, Printer juga memiliki adaptor yang mensuplai arus listrik dari tegangan AC ke tegangan DC.  Biasnya tegangan adaptor printer menggunakan 220V dengan output Voltase 12V.

8. Case Print
Case Print atau casing,  Secara umum berfungsi segabai rumah print.  Case standard biasanya terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah pecah. Pada umumnya merk dagang yang dipasarkan seperti Canon, Hp, Samsung, Epson menggunakan bahan dasar yang sama. Yang membedakan hanya warna dan model dari masing-masing merk

9. Cable

Kabel/ penghubung arus ke adaptor

Seperti alat elektronik lainya, kabel sebagai penghantar arus ke adaptor. Cabel standard biasanya berukuran kecil dengan panjang rata-rata 1,5 meter.

Beberapa Produk Printer yang opuler dijual saat ini:
1. Canon
Canon printer
canon logo image


Printer canon merupakan printer yang paling populer dijual dipasaran. Dibandingkan dengan Merk Printer lainya, Canon mendominasi penjualan di pasar domestik/Pasar dalam negeri
Asal Negara dari Jepang Tokyo, Canon Inc berdiri sejak tahun 1933 dengan nama Seiki-kougaku-kenkyuujo atau dalam bahasa Indonesia “Laboratorium Peralatan Optik Presisi” 
[note]

2. Epson

Epson printer
epson logo image

Nama lain dari atau Epson adalah Epson Corporation. Disamping Printer, Epson Corporate juga memproduksi alat-alat elektronik multifungsi lainya. Epson termasuk salah satu produk yang mampu menembus pasar dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1942 bertempat di Suwa, Nagano, Jepang.

3. Speaker

Pengertian Speaker dan Jenis-Jenis Speaker | Speaker adalah komponen elektronika yang terdiri dari kumparan, membran dan magnet sebagai bagian yang saling terkait. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan suara, demikian sebaliknya. Bagian-bagian speaker tersebut saling terkait dan saling melengkapi satu sama lain.

Fungsi speaker ini adalah mengubah gelombang listrik menjadi getaran suara. Proses pengubahan gelombang listrik / elektromagnet menjadi gelombang suara terjadi karena adanya aliran listrik arus AC audio dari penguat audio kedalam kumparan yang menghasilkan gaya magnet sehingga akan menggerakkan membran, Kuat lemahnya arus listrik yang diterima, akan mempengaruhi getaran pada membran, bergetarnya membran ini menghasilkan gelombang bunyi yang dapat kita dengar.

Fungsi speaker dan Jenis Speaker
Speaker 
Fungsi speaker dan Jenis Speaker
Bagian-bagian Speaker

Jenis speaker berdasarkan suara yang dihasilkannya :

  1. Woofer adalah jenis speaker yang menghasilkan output suara nada rendah
  2. Midrange adalah jenis speaker yang menghasilkan output suara nada menengah
  3. Twitter adalah jenis speaker yang menghasilkan output suara nada tinggi .
Fungsi speaker dan Jenis Speaker
Twitter, Midrange, dan Woofer

Jenis speaker berdasarkan desain/bentuk :
1. Speaker Dual Cone

  • Desain speaker terdiri dari 2 buah cone ( konus )

2. Speaker Coaxcial (Terpusat)

  • Desain Speaker terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan. Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata. ( contoh speaker : 2 Way, Speaker 3 Way, Speaker 4 Way)

3. Speaker Split (Terpisah)

    • Jenis speaker ini adalah jenis terpisah. Woofer, Midrange dan tweeter terpisah. Speker ini dilengkapi dengan crossover yang tujuannya untuk membagi frekuensi suara (nada frekwensi rendah. menengah dan tinggi) :
    •   a. Speaker 2 Way Terdiri dari Woofer, Tweeter dan Crossover. 

        b. Speaker 3 Way Terdiri dari Woofer, Midrange, Tweeter dan Crossover.

4. Plotter

Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer, berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.

Pengertian Plotter
 Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

 
Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar

Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan berbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum. Komputer yang dihubungkan dengan inkjet plotter ini, akan mengontrol pergerakan drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan. Inkjet plotter dapat menghasilkan pelbagai kombinasi warna gambar secara cepat, tenang dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: