Perangkat Lunak Aplikasi

Pengertian Software Aplikasi

Software aplikasi atau Apllication software adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.
Software Aplikasi (bahasa Inggris Application software) merupakan subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung dan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas yang diinginkan pengguna. 

Dalam komputasi, aplikasi adalah jenis software yang dirancang sebagai alat untuk memungkinkan pengguna untuk melakukan satu atau beberapa jenis pekerjaan, biasanya terkait dengan pengolahan data. Software aplikasi berbeda terutama dari jenis lain program seperti sistem operasi (yang menjalankan komputer dan penyatuab berbagai kemampuan komputer), utilitas (yang melakukan pemeliharaan atau tujuan umum), dan bahasa pemrograman (dengan program komputer yang diciptakan) .

Aplikasi perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua kelas umum yaitu : perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Sistem perangkat lunak adalah program komputer yang berinteraksi dengan komputer tingkat rendah tingkat yang sangat dasar. Kita bisa menyebutkan sebagai contoh driver perangkat OS, firmware (firmware adalah contoh dari komputer BIOS), dan GUI yang memungkinkan Pengguna untuk berinteraksi dengan komputer

Aplikasi perangkat lunak (biasanya hanya disebut sebagai Software) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas tertentu. Kita dapat menyebutkan beberapa contoh seperti Microsoft Office, Internet Explorer, Adobe Photoshop, dan sebagainya.
Ada berbagai software aplikasi yang biasa digunakan yaitu Free Software, Software Proprietary (berpemilik / berlisensi) dan Software Komersial
Perangkat lunak berpemilik adalah perangkat lunak yang berlisensi dengan hak eksklusif untuk produsen .
Untuk memanfaatkan atau perubahan dalam program (bila mungkin) yang dibutuhkan dengan cara membeli lisensi software tersebut. Beberapa perangkat lunak berpemilik paling terkenal adalah Microsoft Windows, Microsoft Office, RealPlayer, Adobe Photoshop, Mac OS, WinZip dan beberapa versi dari UNIX, antara lain.

Free Software seperti yang didefinisikan oleh Free Software Foundation, adalah setiap program yang dapat digunakan, disalin, dipelajari dan didistribusikan tanpa pembatasan dan gratis. Perangkat lunak gratis ini menghormati hak-hak pengguna ‘memungkinkan mereka untuk berbagi dengan orang lain dari apa yang telah mereka pelajari, gunakan dan lain sebagainya, dan tidak mendapatkan keuntungan serta dijual (perangkat lunak komersial) asalkan mereka mematuhi copyleft.

Perangkat lunak komersial adalah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan yang dibuat baik dengan menjual atau lisensi penggunaan iklan dalam program. Sebuah perangkat lunak komersial banyak digunakan adalah Windows Live Messenger (dulu MSN Messenger). Program ini dianggap sebagai perangkat lunak komersial untuk meskipun dimiliki oleh Microsoft dan sumber sehingga ditutup dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan melalui berbagai iklan yang ada dalam aplikasi ini. 

Software aplikasi terdiri dari : 
1. Bahasa pemrograman (programming language) 
2. Program aplikasi (Application Program) 
3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
4. Program utilitas (utility program) 
5. Games dan entertainment dan lain-lain 

Untuk mendukung operasi software aplikasi di atas tugas pengguna komputer dibagi menjadi : 

  1. analis system
  2. programmer
  3. operator
  4. administrator database, yaitu orang yang bertugas melakukan definisi dan manipulasi software database. Ini dibutuhkan jika software yang dioperasikan akan menggunakan aplikasi database.
  5. administrator jaringan, yaitu orang yang bertugas mengelola software system operasi, software aplikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer

Contoh Macam-macam Program Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain public, shareware, freeware, dan rentalware.

a. Perangkat lunak komersial

Perangkat lunak harus dibeli. Ada hak ciptanya.

b. Perangkat Lunak domain-public

Perangkat lunak ini bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.

c. Shareware

Perangkat lunak ini bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.

d. Freeware

Perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis atau cuma-cuma.

e. Free Software

Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai. Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah.

f. Open Source

Serupa dengan free software, hanya berbeda dalam filosofinya. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasiaplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain, sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah. Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain sebagai berikut.

a. Perangkat lunak perusahaan (enterprise).

b. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan (bisnis).

Perangkat lunak ini digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (account receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).

c. Perangkat lunak media dan hiburan.

Perangkat lunak media dan hiburan mencakup program-program permainan (game), program untuk memainkan musik (winamp), dan program untuk memainkan film (Xing).

d. Perangkat lunak pendidikan.

Perangkat lunak ini berguna untuk mempelajari/mereferensi suatu pengetahuan. Termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedia, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.

e. Perangkat lunak pengembangan media.

f. Perangkat lunak rekayasa produk.

g. Perangkat lunak informasi dan produktivitas kerja.

Perangkat ini berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai. Beberapa golongan perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas kerja seperti tabel berikut.

Tabel 1.3. Jenis-jenis perangkat lunak

Jenis Keterangan
Word processing Untuk menciptakan dokumen atau membuat surat. Misalnya Word dan Abiword.
Spreadsheet Pengolah data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan penghitungan secara dinamis. Contohnya Microsoft Excel dan Start Office.
Desktop publishing Menangani pembuatan buku, surat kabar, dan iklan. Contohnya CorelDraw.
Presentasi grafik Untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau membuat diktat dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk presentasi, misalnya PowerPoint, Start Office, dan Impress.
Komunikasi Untuk melakukan komunikasi antarpemakai secara elektronis, contoh: Microsoft Outlook dan Opera. Software ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronis.
Personal informationManager Mengelola informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan.
Manajemen data Untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data atau informasi.

Pada dasarnya, perangkat lunak yang sering kita jumpai dan dikenal oleh masyarakat luas, antara lain perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak pengolah angka, perangkat lunak pengolah grafis, perangkat lunak pembuat presentasi, dan perangkat lunak untuk akses internet atau browser.

1. Software Pengolah Kata (Word Processing)

Word processing atau pengolah kata adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk membuat dokumen. Perangkat lunak ini memberikan kemudahan dalam memformat teks misalnya agar teks tertata rapi dengan rata di bagian kanan dan kiri, membuat teks tertentu ditebalkan atau dimiringkan, mengatur font (jenis tulisan, misalnya arial, times new roman termasuk ukurannya), bahkan memungkinkan untuk menambahkan gambar atau foto ke dalam dokumen. Kemampuan pengolah kata sangat bervariasi, sebagai contoh ada yang memberikan fasilitas untuk membuat tabel, membuat kolom koran atau bulletin, serta mengatur teks agar dapat ditampilkan ke dalam format HTML. Pengolah kata seperti Word mendukung fitur spellingchecker, grammar checker, dan thesaurus.

  • Spelling checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan.
  • Grammar checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan pada tata bahasa.
  • Thesaurus digunakan untuk mencarikan padanan kata.

Berikut adalah daftar program aplikasi pengolah kata dan perusahaan pembuatnya.

Tabel 1.4. Daftar program pengolah kata dan pembuatnya

Nama Vendor
Ami Pro Lotus development corp
Start Office Writer Sun Microsystem
Word Microsoft Corporation
Word Perfect Novel Corporation
Word Star Wordstar International Corporation

2. Software Pengolah Angka (Spreadsheet)

Perangkat lunak spreadsheet mempunyai tampilan yang sangat khas, yaitu berupa sekumpulan sel. Setiap sel memiliki alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Tampilan spreadsheet tersebut terlihat nama barisnya dinyatakan dengan angka, sedangkan kolomnya dinyatakan dengan huruf.

3. Software Pengolah Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Software pengolah grafis adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam gambar/grafik. Kelebihan dari program ini adalah dapat menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak yang lain, misalnya dokumen dari pengolah kata, gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat penggambar seperti paint, dan gambar dari hasil scanner. Contoh program aplikasi pengolah grafis yang populer adalah CorelDraw.

Pada sel tersebut Anda dapat menuliskan teks, angka, dan bahkan rumus. Rumus yang disediakan beraneka ragam, dari yang sederhana hingga yang kompleks seperti menghitung jumlah nilai dari beberapa kolom hingga sampai pada perhitungan investasi. Apabila Anda menerapkan rumus, spreadsheet akan secara otomatis akan melakukan perhitungan ulang sekiranya nilai-nilai yang dilibatkan dalam rumus ada yang diubah. Sifat seperti itu dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis What-If, yaitu suatu analisis yang dilakukan dengan mengubah nilai untuk melihat efeknya terhadap perubahan tersebut. Spreadsheet dilengkapi dengan fasilitas untuk menyajikan data dalam bentuk grafik. Berbagai macam jenis grafik seperti diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis dapat Anda pilih dengan mudah. Tabel berikut adalah daftar program aplikasi spreadsheet dan perusahaan pembuatnya.

Tabel 1.5. Program aplikasi dan perusahaan pembuatnya

Nama Vendor
Claris Resolve Claris Corporation
Excel Microsoft
Lotus 1-2-3 Lotus Development Corporatio
QuatroPro Novel Corporation
SDtart Office Calc Sun Microsystem

3. Software Pengolah Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Software pengolah grafis adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam gambar/grafik. Kelebihan dari program ini adalah dapat menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak yang lain, misalnya dokumen dari pengolah kata, gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat penggambar seperti paint, dan gambar dari hasil scanner. Contoh program aplikasi pengolah grafis yang populer adalah CorelDraw. Berikut adalah daftar program aplikasi desktop publishing dan perusahaan pembuatnya.

Tabel 1.6. Program pengolah grafis dan perusahaan pembuatnya

Nama Vendor
CorelDraw Corel Corporation
Frame Maker Frame Technology
In Design Adobe
Publish It Timework International
Ventura Corel Corporation

4. Software Presentasi Grafik

Program perangkat lunak presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Dengan menggunakan perangkat ini Anda dapat dengan mudah membuat bahan presentasi yang disertai dengan gambar, grafik serta mencetaknya ke dalam bentuk kertas atau plastik transparan. Apabila Anda menggunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi dengan menghubungkan komputer ke proyektor LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD ke layar presentasi, banyak fitur lain yang dapat Anda libatkan. Beberapa fitur yang dapat dilibatkan antara lain menambahkan animasi saat terjadi pergantian slide dan bahkan Anda juga dapat menyajikan film yang direkam dengan kamera video. Berikut adalah daftar program aplikasi perangkat lunak presentasi grafik dan perusahaan pembuatnya.

Tabel 1.7. Program presentasi dan perusahaan pembuatnya

Nama Vendor
Action Corel Corporation
StarOffice Impress Frame Technology
FreeLance Graphics Adobe
PowerPoint Timework International
WordPerfect Presentation Corel Corporation

Keempat software atau perangkat lunak yang dijelaskan pada uraian di atas merupakan perangkat lunak yang sangat berguna dan selalu digunakan oleh manusia untuk berbagai macam keperluan. Jadi, dapat dikatakan bahwa perangkat lunak seperti contoh di atas tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: