Perangkat Lunak Sistem

Pengertian sistem software

Sistem software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut : 

  1. kompleks, sehingga sulit untuk dipahami
  2. tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
  3. mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan.

Sistem Software merupakan sistem perangkat lunak komputer yang dirancang untuk mengoperasikan perangkat keras komputer dan untuk menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak.
Jenis yang paling dasar sistemperangkat lunak adalah:

  1. BIOS komputer dan perangkat firmware , yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk mengoperasikan dan mengendalikan perangkat keras yang terhubung ke atau dibangun ke dalam komputer.
  2. Sistem operasi (contoh menonjol yang Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux), yang memungkinkan bagian-bagian dari komputer untuk bekerja sama dengan melakukan tugas-tugas seperti mentransfer data antara memori dan disk atau render keluaran ke perangkat layar. Ini juga menyediakan platform untuk menjalankan tingkat tinggi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
  3. Software utility, yang membantu untuk menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan memelihara komputer.

Pada beberapa publikasi, perangkat lunak sistem Istilah ini juga digunakan untuk menunjuk alat-alat pengembangan perangkat lunak (seperti compiler, linker, atau debugger) 
Berbeda dengan perangkat lunak sistem, perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti membuat dokumen teks, bermain game, mendengarkan musik, atau surfing web disebut perangkat lunak aplikasi

Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan aktivitas berupa : 

  1. dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
  2. program yang dieksekusi komputer
  3. dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program
  4. data berbentuk angka atau teks, yang berupa audio, video, gambar dan sebagainya.
Sistem perangkat lunak atau sistem software merupakan sistem intercommunicating antar komponen berdasarkan bagian perangkat lunak dan pembentukan suatu sistem komputer (kombinasi dari hardware dan software). sistem ini “terdiri dari beberapa program terpisah, file-file konfigurasi, yang digunakan untuk membuat program-program, dokumentasi sistem, yang menggambarkan struktur dari sistem, dan dokumentasi pengguna, yang menjelaskan bagaimana menggunakan sistem”. Sedangkan 
Sementara program komputer adalah satu set instruksi (sumber, atau kode objek) sistem perangkat lunak memiliki banyak komponen yang lebih seperti spesifikasi, hasil tes, dokumentasi pengguna akhir, catatan pemeliharaan, dll
Sistem perangkat lunak merupakan sebuah sistem yang terdiri dari perangkat lunak komputer dan mungkin juga perlengkapan yang mengendalikannya. Sistem perangkat lunak adalah sebuah bidang penelitian yang aktif untuk kelompok-kelompok yang minat akan rekayasa perangkat lunak khususnya dan rekayasa sistem umumnya.

Penggunaan sistem perangkat lunak berdasarkan istilahnya dan waktu yang berkaitan dengan penerapan teori sistem pendekatan dalam konteks rekayasa perangkat lunak. Sebuah sistem perangkat lunak terdiri dari beberapa program komputer yang terpisah dan file konfigurasi terkait, dokumentasi, dll, yang beroperasi bersama-sama.
Konsep ini digunakan dalam penelitian perangkat lunak yang besar dan kompleks, karena berfokus pada komponen utama dari perangkat lunak dan interaksi mereka. Hal ini juga terkait dengan bidang arsitektur perangkat lunak.
Jenis-jenis sistem perangkat lunak yang utama termasuk:

  1. Perangkat lunak pemrograman / aplikasi
  2. Penggunaan Software 
  3. Penggunaan Sistem software 

dan Sejumlah contoh penggunaan sistem perangkat lunak adalah sebagai berikut :

  1. overlay
  2. browser
  3. Pembukti teorema
  4. prosesor kata
  5. sistem pakar
  6. Sistem manajemen konten
  7. Sistem manajemen database

Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskansoftware tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Free Software

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.

Shareware

Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up. Itulah artikel penjelasan mengenai pengertian software atau perangkat lunak komputer. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu di bidang komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: